Apakah kamu termasuk generasi Milenial atau Gen Z yang tengah memusingkan permasalahan memiliki rumah? Memiliki rumah merupakan kebutuhan pokok semua orang. Namun, semakin meningkatnya harga rumah membuat kebutuhan satu ini menjadi semakin sulit untuk dipenuhi.

Namun, sulit bukan berarti tidak mungkin. Memiliki rumah sebelum usia 30 tahun masih sangat mungkin untuk dicapai dengan perencanaan yang matang. Ingin miliki rumah sebelum usia 30 tahun? Cek tips dan langkah-langkah untuk memiliki rumah sebelum umur 30 tahun berikut!

Baca juga: 7 Tips Mengatur Anggaran Pernikahan yang Efektif dan Efisien!

Menetapkan Target Tabungan & Disiplin Menabung

Agar bisa mengumpulkan uang agar bisa memiliki rumah, komitmen dalam menabung adalah hal wajib yang kamu lakukan. Buatlah target setiap bulannya mulai dari 30% hingga 50% bila memungkinkan untuk disisihkan sebagai tabungan untuk membeli rumah atau paling tidak untuk uang muka dari rumah impianmu sebelum usia 30 tahun.

Mencari Hunian dengan Budget yang Tepat

Untuk bisa memiliki rumah pertama sebelum umur 30 tahun, tentu kamu haruslah sangat realistis dalam hal harga dari rumah. Pastikan kamu memilih rumah dengan harga yang sesuai dengan kemampuan dan penghasilan yang kamu miliki. Memilih rumah dengan harga terlalu mahal hanya akan memperpanjang waktu untuk bisa memiliki rumah. 

Manfaatkan KPR 

Membeli rumah sebelum usia 30 tahun secara tunai bisa jadi hal yang sangat sulit. Namun, kamu selalu bisa memanfaatkan program KPR dari bank untuk membeli rumah dengan cara dicicil. Untuk bisa mengajukan KPR, paling tidak kamu sudah menabung 30-40% dari harga rumah. Bila kamu bisa membayar lebih banyak uang muka, tentu akan lebih baik karena kamu bisa memperkecil nilai cicilan yang harus kamu bayar setiap bulan atau memperpendek jangka waktu cicilan.

Mulailah Berinvestasi Jangka Pendek

Selama menabung biaya untuk uang muka rumah, menabung saja mungkin saja tak cukup. Maka dari itu, jangan biarkan uang mengendap di tabungan saja. Mulailah belajar untuk berinvestasi agar uang yang kamu miliki terus berkembang dan bertambah nilainya. Pilihlah investasi yang memiliki resiko rendah namun bisa mendatangkan keuntungan jangka pendek seperti investasi saham, reksa dana, atau sekedar deposito.

Baca juga: 4 Pilihan Investasi untuk pemula dalam dunia bisnis

Hemat Biaya Tempat Tinggal

Agar mampu mempercepat nilai tabungan untuk bisa membeli rumah sebelum usia 30 tahun, menghemat gaya hidup sudah hal wajar yang dilakukan. Berbicara soal biaya hidup, biaya tempat tinggal tentu menjadi salah satu pengeluaran terbesar setiap bulan. Sebelum memiliki rumah sendiri, kamu mungkin perlu mengontrak atau menyewa tempat tinggal. Pilihlah tempat tinggal yang memiliki harga sewa yang terjangkau. Bila memungkinkan, tak ada salahnya untuk tinggal bersama orang tua terlebih dahulu untuk menghemat biaya tempat tinggal.

Pertimbangkan Pinjaman Dana

Seiring waktu menunggu tabungan, harga properti akan terus meningkat. Untuk itu tak ada salahnya untuk mempercepat periode menabung dengan pinjaman dana. Pinjaman dana ini bisa kamu manfaatkan untuk investasi sehingga kamu bisa menghasilkan uang tambahan atau menjadikan pinjaman dana untuk tambahan biaya uang muka.

Baca juga: 7 Tips dan Cara Cepat Kaya Serta Sukses untuk Milenial

Soal pinjaman dana, Finsy bisa jadi pilihan tepat untuk ajukan pinjaman dana secara online dan praktis. Tak hanya itu, proses yang cepat serta cara yang mudah membuat Finsy menjadi salah satu solusi keuangan terbaik untuk kamu bisa memiliki rumah sebelum usia 30 tahun!

Jangan Tunda Kebutuhan akan Rumah Tinggal

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, harga properti akan terus meningkat seiring bertambahnya kebutuhan akan tempat tinggal. Jadi, letakkan kebutuhan akan rumah menjadi prioritas dan jangan tunda-tunda untuk membeli rumah. Kesampingkan terlebih dahulu kebutuhan akan hal-hal lainnya seperti motor baru atau mobil dan jadikan rumah tinggal sebagai fokus utama.

Meskipun tak mudah, bukan berarti tidak mungkin untuk bisa memiliki rumah sebelum umur 30 tahun. Namun, diperlukan usaha ekstra dan tentunya komitmen serta disiplin dalam hal keuangan agar kamu bisa segera memiliki rumah impian sebelum usia 30 tahun.