Finsy.co.id – Bagi beberapa orang, berbicara finansial itu adalah suatu hal yang tabu karena topiknya yang sensitif dan personal. Padahal, ketika sedang menjalin hubungan yang serius dengan pasangan atau calon istri/suami, bicara soal keuangan dan kematangan finansial adalah suatu hal yang seharusnya sudah menjadi kewajiban. Karena salah satu ciri khas hubungan yang sehat adalah hubungan dimana setiap pasangan transparan dengan segala sesuatu, termasuk keadaan finansial. 

Tentu ngobrol sama pasangan mengenai kesehatan finansial bukan suatu hal yang mudah. Mungkin kamu akan merasa tidak nyaman untuk menyinggung topik ini, tetapi lebih baik diatasi sedini mungkin, bukan? Daripada nantinya masalah finansial datang di saat-saat yang tidak terduga, lebih baik jujur kepada pasangan sebelum terlambat. Berikut ini langkah & cara membicarakan kesehatan finansial bersama pasangan!

Baca juga: 5 Tips & Cara Liburan Hemat yang Bisa Kamu Terapkan!

Persiapkan Diri

Hanya kamu dan pasanganmu yang tahu kapan waktu yang paling baik untuk membicarakan kesehatan finansial bersama pasanganmu. Setiap hubungan ada ritmenya sendiri, dan jangan merasa seperti kamu harus terburu-buru.

Sebelum kamu mengangkat topik ini bersama pasanganmu, gunakan waktu untuk mengobservasi kebiasaan finansial mereka. Apakah pengeluaran mereka cenderung lebih besar dari pendapatan mereka? Apakah mereka mempunyai hutang? Apakah mereka boros dengan kebutuhan sekunder? Bagaimana dengan kebiasaan menabung mereka?

Bawa Pembicaraan Secara Santai

Ketika membicarakan topik finansial untuk pertama kalinya, sebaiknya percakapannya dibawa santai saja. Bersiaplah untuk menjadi terbuka, tidak sensitif dengan kritikan, dan dengarkanlah pasanganmu secara empatik. Bila percakapanmu jadi terlalu panas dan intens, atau kamu dan pasanganmu merasa tidak nyaman, jangan dipaksa untuk dilanjutkan. Tunggulah sampai kepala mu dan dia dingin, lalu bicarakan lagi di lain waktu.

Bicarakan juga Tentang Prinsip Finansial Kalian

Membicarakan prinsip atau pandangan mengenai uang juga sangat penting di suatu hubungan. Misalnya, prinsip-prinsip tentang uang yang diajarkan oleh keluarga masing-masing, atau topik lainnya yang bisa membuat kalian makin mengerti point of view masing-masing mengenai uang.

Dengan begitu, kamu pun bisa mengevaluasi & sadar diri bila kamu ternyata mempunyai stigma-stigma tertentu seputar keuangan. Proses ini dapat membantumu mengintrospeksi diri.

Baca juga: Berapakah Tabungan yang Harus Dimiliki di Setiap Umur?

Intensif Membicarakan

Tentunya ngobrolin masalah keuangan sama pasangan itu bukan suatu hal yang cukup dilakukan sekali saja. Ada baiknya bila kalian membuat ini menjadi suatu kebiasaan. Selain membuat hubungan kalian menjadi lebih transparan, bila hubungan mu nantinya akan semakin serius, maka penting untuk membicarakan finansial sedini mungkin.

Buat Target Finansial Bersama

Untuk membuat topik pembicaraan ini jadi lebih seru, kamu bisa membuat gol finansial bareng pasanganmu. Daripada melulu bicara soal budgeting (yang merupakan topik serius dan sensitif), kamu bisa bicara soal aspirasi & gol finansial yang ingin kamu capai berdua. Misalnya, gol finansial 2 tahun kedepan, 5 tahun kedepan, sampai 10 tahun kedepan. Selain meningkatkan moral, ketika berbicara yang positif, kalian pastinya jadi lebih semangat untuk mencapai gol-gol tersebut.

Bila dijadikan kebiasaan, lama kelamaan ngobrolin masalah uang bukan lagi jadi hal yang tidak nyaman. Selain itu, hubungan kalian juga akan semakin kuat karena kalian semakin nyaman ngobrolin tentang hal sulit. Buat kamu yang berencana untuk menikah, bicara dulu tentang pendapatan & planning finansial kedepannya. Bikin estimasi finansial yang konservatif. Jangan sampai nantinya setelah nikah, malah jadi seret. 

Bila kamu membutuhkan pinjaman kredit secara kilat, kamu bisa langsung mengajukannya di Finsy. Hanya dalam 3 hari, kredit langsung cair di rekening mu. Mungkin pada awalnya bicara tentang kesehatan finansial itu suatu yang sulit dan tidak nyaman. Tapi ingat, practice makes perfect! Semakin sering kamu mencoba & melakukannya, semakin nyaman pula nantinya. Selamat mencoba!