Finsy.co.id – Di era Internet ini, membuka bisnis online pun jadi praktis & mudah. Nggak harus sewa tempat untuk buka toko, kamu bisa langsung meluncurkan bisnis online. Membuka bisnis online juga jauh lebih kecil resikonya dibanding buka bisnis secara tradisional, karena di bisnis tradisional kamu masih harus membayar biaya overhead, rental tempat, dan sebagainya.

Banyak sekali ide bisnis online yang bisa kamu coba, tergantung dari kemampuan atau skill yang bisa kamu tawarkan. Kamu juga bisa bekerja secara fleksibel dan darimana pun (selama ada koneksi Internet). Apakah kamu siap menjadi entrepreneur online? Berikut adalah beberapa ide bisnis online yang bisa kamu coba!

Baca juga: Daftar NPWP Kini Kian Mudah Secara Online, Berikut Caranya!

Mencoba Blogging

Blogger bussines

Berawal dari hobi menulis, kalian bisa menggeluti bisnis blogger.

Bila kamu suka menulis, ide bisnis online blogging merupakan pilihan yang tepat. Ketika blogging, yang terpenting adalah menulis konten menarik, informatif, dan edukatif. Akan membantu juga bila kamu memfokuskan blog mu di topik yang niche.

Bagaimana caranya mendapatkan uang dari blog? Bila traffic blog mu sudah cukup banyak, maka kamu bisa bergabung dengan Google AdSense, dimana kamu akan dibayar setiap kali iklan di blog mu dilihat atau diklik.

Selain itu, bila domain authority mu cukup baik, maka biasanya brand-brand besar akan melirik mu untuk membuat blog post bagi mereka (lalu kamu akan dibayar cukup mahal per artikelnya). Untuk memulai blogging, tidak dibutuhkan skill teknis yang rumit. Kamu cukup membeli hosting website terlebih dahulu. Lalu install platform blogging seperti Blogger atau WordPress.

Jual Foto Online

Termasuk anyar, bisnis online foto mulai digemari oleh banyak milenial.

Kamu hobi fotografi? Kamu bisa dengan mudah menguangkan hobi mu ini. Dewasa ini, banyak sekali situs yang mencari & membeli foto-foto stock berkualitas. Bila kamu memiliki banyak sekali stok foto-foto, kamu bisa saja mendapatkan pendapatan pasif dari foto-foto mu. Kamu bisa mencoba meng-upload foto-foto mu ke situs-situs seperti ShutterStock untuk mendapatkan uang royalti setiap kali foto mu di unduh atau di beli.

Buka Toko Online, Online shop, atau E-Commerce

Online shop, menjadi primadona para milenial untuk mencari income tambahan.

Ide bisnis online yang satu ini mungkin terdengar rumit. Tapi sebetulnya, sekarang ini membuka e-commerce mu sendiri tidak membutuhkan skill teknis yang tinggi. Kamu bisa langsung menggunakan plugin WordPress seperti WooCommerce atau Shopify untuk membuka toko online mu sendiri. Terlalu ribet untuk mu? Kamu juga bisa langsung membuka toko di media sosial seperti Instagram.

Masalah inventori pun tidak harus pusing, karena kini banyak sekali situs e-commerce yang menawarkan fitur dropshipping. Bila kamu memiliki banyak waktu, kamu bisa mencoba membuka online shop di situs sendiri.

Menjadi Web Developer

web developer menjadi salah satu kunci sebuah perusahaan diawal membangun produk.

Untuk menjadi web developer, kamu harus mengerti dasar-dasar coding untuk web development, seperti HTML, CSS, JavaScript. Permintaan di pasar untuk jasa web developer pun banyak, dan biaya jasa juga cukup tinggi. Kamu juga bisa belajar web development dengan menggunakan WordPress (yang relatif lebih mudah). Bila kamu menjadi web developer, maka kamu bisa bekerja dimana pun yang kamu mau (bila kamu bekerja sendiri).

Design Kaos

T-shirt design menjadi salah satu bisnis yang terbilang langgeng.

Buat kamu yang memiliki skill desain grafis, ada banyak sekali situs online dimana kamu bisa menjual desain mu. Biasanya, kamu akan menerima royalti atau insentif setiap kali kaos dengan desain mu dijual. Bila kamu rajin meng-upload desain mu, maka semakin banyak variasi model kaos mu, dan semakin mungkin untuk terjual. Kamu bisa jadikan ini passive income mu. Adanya teknologi Internet memungkinkan kita semua untuk berpeluang berbisnis atau mencari uang lebih. Sebetulnya, ide bisnis online itu banyak banget, kok! Yang penting, kamu bisa kreatif dalam mencari celah dan ide untuk berbisnis.

Baca juga: Butuh Pinjaman Dana Tunai Tanpa Jaminan, Simak Tips Amannya di Sini!

Kekurangan modal untuk membuka bisnis online? Dengan Finsy, kamu bisa mendapatkan pinjaman uang secara online dengan cepat, caranya praktis!