Finsy.co.id – Semua orang pasti setuju kalau menabung dan berinvestasi itu penting. Menanamkan kebiasaan rajin menabung dari dini penting agar kita bisa mandiri secara finansial. Tapi, tidak semua orang tahu berapa tabungan yang harus dimiliki di setiap umur.

Hari ini kita akan membahas panduan berapa banyak tabungan yang seharusnya sudah kamu miliki di umur 20an, 30an, 40an, dan 50an. Ingat, ini hanyalah panduan. Setiap orang pastinya memiliki situasi keuangan yang unik dan juga gaya hidup atau lifestyle yang berbeda-beda.

Baca juga: Bagaimanakah Cara Memulai Investasi? Simak Tips nya Disini!

Tabungan di Usia 20-an

Di awal umur 20-an, banyak orang yang merasa percaya diri dengan keadaan finansial mereka. Tapi biasanya, semakin berumur juga semakin banyak orang yang semakin merasa tidak percaya diri dengan keuangan mereka (walaupun misalnya pendapatan mereka cukup besar). Karena semakin banyak pula tanggung jawab dan tanggungan yang harus dibebankan ke mereka (yang mereka tidak sadari ketika masih muda).

Maka dari itu, penting sekali untuk mulai sadar sedini mungkin. Dari umur 20-an ini, kamu harus mulai menyisihkan paling sedikit 20% dari pemasukanmu untuk ditabung. Persentase ini harus dipertahankan, atau bahkan bertambah, walaupun nantinya pendapatan mu bertambah besar. Penting sekali untuk mulai menabung di umur 20an, karena semakin dini umur kamu menabung, semakin banyak pula bunga yang kamu kumpulkan (compounded interest).

Di umur-umur 20an, sebaiknya kamu juga memiliki emergency funds. Yaitu adalah tabungan yang kamu miliki untuk kejadian-kejadian dimana tiba-tiba kamu tidak bisa bekerja, berhenti kerja, atau di PHK (sebaiknya banyaknya yang bisa menanggung 6-9 bulan biaya hidup mu). Sebaiknya kamu juga mulai langganan asuransi kesehatan, agar dapat mengantisipasi bila sewaktu-waktu ada emergency kesehatan yang tak diduga.

Di umur 20an, kamu juga harus menyadari gol & tujuan hidup mu. Kapan kamu akan menikah? Punya anak? Biaya traveling? Pindah ke kota besar? Beli rumah atau apartemen? Pikirkan dulu apa yang ingin kamu capai, dan mulailah menabung untuk impian-impian tersebut. Lalu, mulai pikirkan bagaimana caranya untuk lebih berhemat untuk mencapainya.

Tabungan di Usia 30-an

Di umur 30-an, sebaiknya kamu sudah menabung kurang lebih sebanyak gajimu selama setahun. Misalnya, bila gajimu sebanyak 250 juta setahun, maka sebaiknya kamu memiliki 250 juta di tabungan. Di umur 30-an, sebaiknya kamu mulai memikirkan tentang tabungan pensiunan mu. Bila kamu ingin membeli properti, sebaiknya kamu mulai sisihkan uang untuk uang muka atau DP properti yang kamu inginkan. Bila di umur ini kamu juga sudah memiliki anak, maka kamu juga harus mulai menabung untuk biaya pendidikan anakmu.

Baca juga: Ini Dia Ide Bisnis Online Mudah yang Bisa Kamu Coba!

Tabungan di Usia 40-an

Di umur 40-an, kamu harus mulai memikirkan uang untuk pensiun. Sebagai tolak ukur kesehatan finansialmu, sebaiknya di umur 40-an kamu sudah memiliki paling sedikit 4x lipat gaji setahunmu. Tabungan yang harus kamu sisihkan juga bertambah bergantung dari jumlah anak mu. Berapakah yang harus kamu tabung? Jumlahnya akan bervariasi bergantung dari sekolah atau universitas pilihan anak.

Tabungan di Usia 50-an

Kami anjurkan paling tidak untuk memiliki 6x gaji setahun ketika kamu berumur 55. Di umur ini, daya tahan tubuh mulai menurun, dan biaya cek kesehatan dan dokter pasti akan mulai menjadi mahal (Maka dari itu, kami anjurkan untuk mulai memikirkan langganan asuransi dari umur 20an. Karena biaya asuransi akan tambah mahal ketika kamu sudah melewati usia 20an). 

Mulailah untuk memikirkan keadaan finansialmu sejak dini. Tentunya setiap orang memiliki keadaan dan gaya hidup yang berbeda-beda, sehingga panduan ini mungkin tidak cocok untuk setiap orang. Tetapi, planning sedikit lebih baik daripada tidak ada planning sama sekali.