Finsy.co.id – Rajin menabung pangkal kaya. Dengan kebiasaan menghemat uang yang cerdas, setiap orang pasti bisa memperbaiki finansial personal mereka. Tetapi pastinya langkah pertama itu biasanya yang paling berat. Bagaimanakah cara mudah menghemat uang? Berikut ini beberapa tips menghemat uang yang bisa kamu terapkan.

Buka Rekening dengan Cermat

Maksud kami dengan cermat adalah, coba cari tahu bank mana yang memberikan mu rekening deposito dengan bunga terbesar. Cek juga biaya admin yang harus kamu bayarkan setiap bulannya. Terkadang, karena bunga yang sangat minim dan biaya admin yang tinggi, malahan kamu jadi rugi menabung.

Gunakan Fitur Auto-Transfer

Untuk membuat menghemat uang jadi lebih mudah dilakukan, lebih baik kamu mencoba fitur auto-transfer di bank mu untuk melakukan transfer otomatis sebagian dari gaji mu ke tabungan. Bila bank mu tidak memiliki fitur ini, cobalah jadikan kebiasaan untuk menyisihkan uang untuk ditabung setiap kali menerima gaji. Usahakan untuk paling tidak menyisihkan 20% dari gaji untuk ditabung. Ingat, menabung itu semakin dini semakin baik & semakin banyak pula keuntungan yang kamu raup nantinya (karena fenomena yang dinamakan compound interest).

Baca juga: Cek Kesehatan Finansialmu dengan 5 Cara Ini!

Hindari Belanja Implusif

Menurut 50/30/20 rule, Kalau 20% dari gaji mu harus ditabung, maka 50% nya digunakan untuk kebutuhan primer (seperti biaya akomodasi/tempat tinggal, makan, dan transportasi), lalu 30% bisa kamu gunakan untuk kebutuhan sekunder (seperti belanja fashion, liburan, dan lain lain). Diluar dari 30% itu, hindari godaan-godaan diskon atau sale besar lainnya, karena akibatnya nantinya kamu akan cenderung kebablasan dengan anggaran belanjamu.

Lakukan Evaluasi Pengeluaran

Catat pengeluaran mu dengan seksama, lalu di setiap bulan lakukan evaluasi pengeluaran. Dari sini, kamu bisa tahu dimana pengeluaran mu bocor. Apakah dari terlalu banyak belanja produk fashion? Dari terlalu banyak jajan makanan? Langkah yang satu ini mungkin sedikit ribet, tetapi jika dijadikan kebiasaan pasti akan membantu mu menjadi lebih sadar untuk mengurangi pengeluaran impulsif.

Belajar Masak

Kurangi makan di restoran atau jajan diluar. Lagipula, makanan yang kamu beli di luar rumah cenderung tidak menyehatkan dibandingkan masakan yang dibuat sendiri di rumah. Apalagi bila kamu sering makan gorengan dan aneka fast food lainnya. Selain lebih sehat, dengan memasak, kamu akan jauh lebih menghemat uang karena tidak boros jajan. Dengan hanya menyisihkan beberapa jam setiap akhir pekan, kamu bisa lebih sehat dan kaya.

Jagalah Kesehatan

Jagalah kesehatanmu dengan memakan banyak sayur-sayuran, buah-buahan, dan berolahraga secara teratur. Riset mengatakan kamu hanya membutuhkan 1 sampai 2 jam aktivitas aerobik setiap minggunya. Ingat, biaya cek dokter dan obat-obatan itu sangat mahal, dan akan menguras kocekmu.

Cek juga: Ini Dia Ide Bisnis Online Mudah yang Bisa Kamu Coba!

Stop Merokok

Kita semua pastinya sudah tau akibat buruk dari merokok. Merokok tidak hanya buruk untuk kesehatan mu (dan dapat menyebabkan kematian), tetapi rokok juga sangat boros. Untuk melihat sendiri, cobalah perhitungkan pembelian rokok mu selama sebulan.

Misalnya saja dalam 1 minggu, kamu menghabiskan 2 pak (dengan harga Rp20.000 satu paknya), dalam 1 bulan, kamu sudah boros Rp160.000. Kalikan itu dengan 12 bulan, maka dalam setahun kamu menghabiskan Rp1.920.000. Mendingan uangnya dibuat untuk tiket jalan-jalan, kan? Coba stop cold turkey (konsultasikan dulu ke dokter mu), atau gunakan nicotine patch untuk membantu mu berhenti. Carilah aktivitas lain yang dapat mengisi waktu mu.

Cari Penghasilan Lain

Bila memungkinkan, cobalah untuk mendapatkan pendapatan alternatif selain dari gaji mu. Sekarang, kamu tidak akan kehabisan cara untuk mencari uang lewat Internet. Dengan adanya pendapatan alternatif, kamu jadi bisa menabung seluruh gaji pokok mu, lalu gunakan pendapatan tambahan itu untuk pengeluaran wajib maupun sekunder.