Finsy.co.id – Terlepas apakah kamu memiliki kebutuhan yang ingin dipenuhi atau tidak, menabung adalah hal penting yang harus dilakukan untuk menjaga agar perencanaan keuangan terus dalam keadaan yang sehat. Tabungan bisa berperan sebagai dana darurat untuk berbagai kebutuhan mendadak. Namun, bagi sebagian orang menabung bukanlah hal yang mudah.

Apakah kamu termasuk milenial yang kerap kesulitan saat mengalokasikan dana untuk tabungan? Simak tips menabung praktis untuk milenial ini!

Miliki Rekening Khusus untuk Menabung

Salah satu masalah klasik bagi milenial saat menabung adalah dana tabungan yang tak sengaja terpakai. Agar hal ini tak lagi terjadi, buatlah rekening bank khusus untuk tabungan. Pilihlah rekening bank dengan biaya administratif rendah namun bunga yang menarik. Jangan terlalu pikirkan soal fasilitas dan fitur layanan karena tujuan utama dari membuat rekening ini adalah menjaga dana tabungan untuk tidak terpakai, bukan untuk bertransaksi.

Baca juga: 5 Karakteristik Milenial dalam Bekerja!

Selalu Alokasikan Dana Tabungan & Transfer Otomatis setiap Bulannya

Kini kamu telah memiliki rekening khusus untuk tabungan, saatnya untuk disiplin mengalokasikan dana tabungan setiap bulan untuk dimasukkan ke dalam rekening tabungan ini. Bila perlu, lakukan autodebet agar setiap bulannya penghasilanmu akan otomatis dipindahkan sebagian ke rekening tabungan.

Belanja & Jajan dengan Bijak

Tips menabung untuk milenial selanjutnya adalah lebih bijak dalam hal mengeluarkan uang. Bagi milenial yang memiliki gaya hidup dinamis, belanja dan jajan merupakan hal yang hampir menguras paling banyak penghasilanmu. Mulailah pertimbangkan matang-matang setiap kamu tergiur untuk belanja atau jajan sore hari. Apakah kamu benar-benar membutuhkannya? Atau kamu hanya sekedar “lapar mata”?

Kurangi Penggunaan Kartu Kredit

Sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa penggunaan kartu kredit cenderung membuat seseorang menjadi lebih konsumtif. Namun, bukan berarti kamu tak boleh sama sekali menggunakan kartu kredit. Untuk transaksi dalam jumlah besar, kartu kredit bisa jadi salah satu solusi keuangan yang baik. Namun, mulailah kurangi penggunaan kartu kredit untuk kebutuhan sehari-hari. Hal ini akan membantumu menjaga alur kas keluar milikmu tetap terkontrol.

Baca juga: 7 Cara Menghemat Uang untuk Mahasiswa

Hemat Pengeluaran dengan Bawa Kebutuhanmu Sendiri dari Rumah

Agar bisa menabung, tips selanjutnya adalah mulai menghemat pengeluaran sehari-hari. Berkurangnya nilai pengeluaran tentu bisa meningkatkan nilai dana yang bisa kamu tabung setiap bulannya. Salah satu cara untuk mengurangi pengeluaran bisa dimulai dengan langkah sederhana seperti membawa kebutuhan dari rumah. Mulailah membawa sendiri botol minum ataupun bekal makan siang. Meskipun nilainya kecil, kebiasaan-kebiasaan ini terbukti bisa mengurangi jumlah pengeluaran, lho!

Selalu Pertimbangkan Berkali-kali untuk Pengeluaran dalam Jumlah Besar

Terkadang kamu bisa saja membutuhkan hal atau kebutuhan yang membutuhkan biaya besar. Contohnya laptop baru untuk menggantikan laptop lama, smartphone baru, motor atau mobil, hingga berbagai kebutuhan lainnya. Berbagai kebutuhan ini tentu bukanlah kebutuhan sehari-hari dan membutuhkan biaya besar.

Saat keinginan akan kebutuhan ini datang, cobalah pertimbangkan beberapa kali apakah kebutuhan tersebut benar-benar harus dimiliki sekarang atau ada cara dan solusi lain sebagai alternatif? Pertimbangkan juga penghasilan dan jumlah tabungan yang kamu miliki apakah sudah mampu untuk memenuhi kebutuhan bernilai besar tersebut. Jika tidak, ada baiknya untuk menunda kebutuhan tersebut. 

Mulai Berinvestasi

Seiring berkembangkan dunia teknologi, kini ada banyak sekali cara berinvestasi yang bisa dilakukan dengan mudah dan dengan nilai yang kecil. Tak ada salahnya manfaatkan dana tabungan untuk mulai belajar berinvestasi kecil-kecilan seperti pasar saham, reksa dana, ataupun deposito. Investasi-investasi inilah yang akan menjadikan tabungan sebagai pendapatan pasif tambahan diluar penghasilan bulanan.

Baca juga: 7 Tips dan Cara Cepat Kaya untuk Milenial

Itulah beberapa tips menabung untuk milenial paling basic namun cukup jitu untuk meningkatkan nilai tabungan yang kamu miliki. Tentunya, dalam menabung dibutuhkan komitmen dan disiplin tingkat tinggi agar target tabungan bisa tercapai. Sudah siap buat rekening tabunganmu menggelembung? Selamat mencoba!