Finsy.co.id – Meskipun usia masih sangat mudah, bukan berarti kamu tak perlu memikirkan dana pensiun. Kurangnya persiapan dana pensiun bisa mendatangkan permasalahan keuangan serius di masa yang akan datang. Untuk itu, mempersiapkan dana pensiun sedini mungkin sangatlah penting.

Tak perlu khawatir dana pensiun akan memangkas penghasilan karena persiapan dana pensiun bisa dimulai dengan langkah-langkah kecil. Berikut tips mempersiapkan dana pensiun sejak dini yang bisa kamu ikuti!

Baca juga: 7 Langkah Memiliki Rumah Sebelum Usia 30 Tahun!

Tetapkan Dana Pensiun untuk Disisihkan Setiap Bulannya

Meskipun bisa dimulai dengan nilai yang tidak terlalu besar seperti 5-10% dari total penghasilan bulanan, menetapkan jumlah dana pensiun yang harus kamu sisihkan setiap bulan sangatlah penting. Jadikan nilai ini sebagai jumlah minimum yang untuk ditabung ke dalam dana pensiun setiap bulannya. Seiring meningkatnya nilai penghasilan, pastikan juga kamu meningkatkan proporsi jumlah dana yang harus disisihkan untuk dana pensiun setiap bulannya.

Tingkatkan Jumlah Dana Pensiun Bulanan setiap Tahun

Seperti yang telah dijelaskan di awal, kamu harus memiliki angka pasti yang harus disisihkan setiap bulannya untuk dana pensiun. Misalkan 10% dari total penghasilan bulanan senilai Rp.5.000.000,-. Maka artinya kamu harus menyisihkan Rp.500.000,- untuk dimasukkan ke dalam dana pensiun.

Saat kamu mengalami kenaikan penghasilan bulanan menjadi Rp.7.500.000,-, maka secara otomatis dana pensiun yang kamu sisihkan seharusnya ikut meningkat menjadi Rp.750.000,-. Lakukan evaluasi setiap tahunnya untuk menentukan apakah nilai dari dana pensiun yang kamu tabung perlu ditingkatkan. Misalkan di akhir tahun kamu mendapatkan promosi dan kenaikan gaji menjadi Rp.10.000.000,-. Maka, dana pensiun bisa saja dinaikkan menjadi 12.5% menjadi Rp.1.250.000,- setiap bulannya.

Pisahkan Dana Pensiun dengan Dana-Dana Lainnya

Perlu kamu ingat, bahwa dana pensiun bukanlah dana tabungan biasa atau dana darurat. Artinya, kamu harus memisahkan kebutuhan akan dana pensiun dengan tabungan dana darurat. Bila perlu, siapkan rekening berbeda untuk memastikan dana pensiun tidak tercampur dengan tabungan yang lainnya.

Jangan Bergantung pada Jaminan Pensiun Perusahaan

Untuk kamu yang bekerja sebagai karyawan, setiap perusahaan tentu sudah menyediakan program jaminan dana pensiun untuk setiap karyawannya. Namun, bukan berarti kamu tak pelu lagi menyiapkan dana pensiun sendiri. 

Baca juga: 4 Pilihan Investasi untuk Pemula!

Hindari bergantung pada jaminan perusahaan dan tetaplah ikuti rutinitas menabung dana pensiunmu sendiri. Jaminan dari perusahaan umumnya memiliki nilai minimum yang artinya belum tentu bisa mencukupi kebutuhanmu saat pensiun kelak. Maka dari itu, akan lebih aman jika kamu tetap memiliki jaminan dana pensiun yang kamu siapkan sendiri.

Ikuti Program Dana Pensiun dari Bank

Berbicara soal mempersiapkan dana pensiun, komitmen merupakan tantangan tersendiri. Disiplin menyisihkan dana pensiun setiap bulannya bisa jadi hal yang tak mudah. Jika hal ini merupakan salah satu masalahmu dalam menyiapkan dana pensiun, kamu bisa mencoba beberapa program dana pensiun yang disediakan Bank atau lembaga keuangan lainnya. Program-program dari Bank yang umumnya akan menarik dana secara otomatis dari rekening akan membantumu dalam disiplin menyiapkan dana pensiun setiap bulannya.

Investasikan Dana Pensiun

Dana pensiun merupakan dana yang digunakan untuk kebutuhanmu pasca tak lagi aktif bekerja atau pensiun. Artinya, untuk kamu yang masih berada di usia aktif, dana pensiun mungkin masih sangat lama kebutuhannya. Untuk itu, tak ada salahnya gunakan dana pensiun untuk investasi-investasi lainnya untuk meningkatkan nilai dari dana pensiun dibandingkan sekedar meletakkannya dalam rekening tabungan. Namun, dalam menginvestasikan dana pensiun, jangan tergiur dengan keuntungan yang tinggi dan cepat. Pilihlah investasi yang memiliki keuntungan tak tinggi namun stabil dan bersifat jangka panjang. Hal ini akan jauh lebih aman dan minim resiko. 

Jangan Tunda mempersiapkan Dana Pensiun!

Terlepas dari berapa usiamu kini, ingatlah bila akan lebih baik untuk mempersiapkan dana pensiun sedini mungkin. Jadi, jangan lagi tunda-tunda memasukkan dana pensiun dalam perencanaan keuanganmu. Untuk kamu yang masih muda, kamu bisa memulai dengan nilai dana pensiun yang kecil untuk membiasakan diri terlebih dahulu. Menyiapkan dana pensiun adalah hal penting yang tak boleh kamu lewatkan dalam perencanaan keuangan. Sudah siap untuk mulai persiapkan dana pensiun kamu mulai dari sekarang? 

Baca juga: 5 Hal yang Harus Diketahui Tentang BPJS Ketenagakerjaan

Dana pensiun akan bantu kamu keluar dari masalah keuangan di masa depan. Dan untuk solusi masalah keuangan saat ini, Finsy bisa jadi solusi untukmu. Dengan proses mudah dan cepat, kamu bisa mengajukan pinjaman dana secara online dengan mudah di aplikasi Finsy.