Finsy.co.id – Keuangan rumah tangga memiliki peranan penting dalam menentukan kesehatan keuanganmu secara keseluruhan. Banyak hal-hal mulai dari yang sederhana hingga perubahan besar yang bisa kamu lakukan untuk mengatur keuangan rumah tangga yang lebih hemat. 

Jika kamu ingin menghemat keuangan rumah tangga baik dengan tujuan apapun, berikut adalah beberapa tips dan cara sederhana untuk mengatur keuangan rumah tangga yang lebih hemat dan bijak.

Daftar dan Atur Pengeluaran Belanja Rumah Tangga

Tips hemat rumah tangga pertama dan paling mendasar adalah dengan mencatat semua pengeluaran belanja rumah tangga milikmu. Dengan mencatat rencana pengeluaran rumah tangga bulanan, kamu bisa memprediksi berapa besaran pengeluaran yang akan kamu keluarkan. Dan untuk menghemat pengeluaran rumah tangga kamu bisa mengatur kebutuhan belanja mana yang mungkin bisa kamu hapus dari dalam daftar.

Buat juga daftar belanja rumah tangga sesuai dengan prioritas. Untuk kebutuhan-kebutuhan yang tidak tidak terlalu prioritas bisa kamu masukkan ke dalam daftar cadangan yang bisa dipenuhi saat kamu memiliki biaya, dan bisa ditiadakan jika memang kamu perlu menghemat pengeluaran rumah tangga bulan itu.

Kontrol Penggunaan Kartu Kredit

Kini kamu telah mengetahui pasti pengeluaran rumah tangga apa saja yang akan kamu keluarkan bulan itu. Dengan begitu kamu bisa mempersiapkan dana untuk belanja dan pengeluaran rumah tangga sesuai dengan dana yang kamu miliki. 

Untuk pengeluaran yang telah direncanakan ini, ada baiknya kamu membayar secara debit, alias tidak dicicil menggunakan kartu kredit. Gunakanlah kartu kredit hanya pada saat terdapat promo atau penawaran khusus yang bisa menghemat pengeluaran bulanan rumah tangga tersebut. Penggunaan kartu kredit yang tak terkontrol bisa membuatmu terlilit cicilan yang akan mengacaukan pengaturan keuangan rumah tangga kedepannya.

Baca juga: 5 Inspirasi Ide Bisnis Rumahan yang Bisa Kamu Coba!

Jadwalkan Pengeluaran-Pengeluaran Rutin Tepat Waktu

Beberapa pengeluaran rumah tangga bulanan merupakan tagihan rutin. Seperti tagihan listrik, tagihan air, dan sebagainya. Selalu jadwalkan pelunasan tagihan-tagihan ini tepat waktu dengan dana yang telah kamu alokasikan pada saat merencanakan anggaran belanja bulanan. Hal ini akan mencegah dana tersebut tanpa sengaja digunakan untuk kebutuhan lainnya dan juga menghindari denda yang justru akan membuat tagihan menjadi semakin bengkak.

Prioritaskan Kebutuhan dan Kurangi Pengeluaran tak Diperlukan

Tips hemat rumah tangga selanjutnya masih terkait dengan tips menghemat pengeluaran yang pertama, yakni selalu mengurutkan semua kebutuhan rumah tangga sesuai dengan prioritasnya. Selalu utamakan kebutuhan-kebutuhan yang bersifat dasar dan wajib, dan untuk kebutuhan tambahan yang tidak masuk dalam daftar prioritas bisa menunggu atau bahkan mungkin bisa kamu hapus karena sebenarnya tidak diperlukan.

Hemat Energi untuk Hemat Keuangan Rumah Tangga

Tak hanya ramah lingkungan, menerapkan gaya hidup yang hemat energi di rumah tangga juga bisa membantumu menghemat pengeluaran rumah tangga. Misalnya dengan menggunakan lampu dan perabot elektronik yang hemat energi, maka kamu bisa meminimalisir tagihan listrik bulana.

Kamu juga bisa menghemat pengeluaran rumah tangga dengan beralih dari penggunaan perabot elektronik ke hal lain yang lebih hemat energi seperti mengeringkan cucian di bawah matahari tanpa menggunakan mesin pengering hingga merancang ventilasi ruangan yang sejuk sehingga rumah lepas dari ketergantungan akan pendingin ruangan.

Selalu Evaluasi Keuangan Rumah Tangga

Untuk menghemat keuangan rumah tangga, evaluasi pengeluaran setiap bulannya sangatlah diperlukan. Dari evaluasi kamu bisa mengetahui pengeluaran mana yang tidak sesuai dengan rencana anggaran dan bagaimana mengalokasikannya dengan lebih baik pada rencana anggaran bulanan kedepannya. 

Evaluasi keuangan rumah tangga juga membantumu mengetahui kondisi kesehatan keuangan rumah tangga sehingga kamu bisa membuat keputusan-keputusan penting seperti apakah saat itu merupakan saat yang tepat untuk menambah cicilan baru ataukah justru kamu harus memotong beberapa pengeluaran untuk kebutuhan yang telah melampai kemampuan dana rumah tangga yang kamu miliki sekarang.

Disiplin: Kunci Hemat Keuangan Rumah Tangga

Tips menghemat keuangan rumah tangga terakhir yang tak kalah sederhana dan mendasar namun kerap disepelekan adalah disiplin terhadap rencana keuangan rumah tangga yang telah kamu atur sendiri.  Jadikanlah anggaran rumah tangga yang telah kamu rencanakan sebagai patokan utamamu dalam membuat keputusan dalam membelanjakan uang. Jangan lupa, selalu sisihkan pemasukan untuk tabungan dan juga investasi. Disiplin dalam menjalankan semua rencana keuangan inilah yang akan menjadi kunci sukses dalam menghemat pengeluaran rumah tangga milikmu.

Baca juga: 5 Tips Cara Memulai Investasi Properti

Menghemat pengeluaran rumah tangga memang pekerjaan yang tidak mudah namun bukan berarti mustahil untuk dilakukan. Ayo, mulai atur keuangan rumah tangga secara lebih rinci dan rutin serta lakukan penghematan dengan lebih disiplin. 

Punya masalah keuangan yang buat alur keuangan rumah tangga jadi macet? Gunakan aplikasi Finsy untuk bantu temukan solusi keuanganmu. Melalui Finsy, kamu bisa mengajukan pinjaman dana secara online dengan mudah dan proses yang cepat! Segera download Finsy dan cari solusi untuk masalah keuanganmu!