Finsy.co.id – Menjadi mahasiswa, keuangan bisa menjadi tantangan tersendiri terutama untuk kamu yang membiayai sendiri kuliahmu. Ingin buat keuanganmu sebagai mahasiswa lebih hemat dan baik? Simak tips hemat ala Mahasiswa berikut untuk bantu kantong tidak jebol saat akhir bulan tiba berikut!

Selalu Catat Kebutuhan dan Atur Prioritas

Berbicara soal tips menghemat keuangan, “membuat daftar kebutuhan berdasarkan prioritas” akan selalu menjadi hal paling dasar yang perlu kamu lakukan terlepas apakah kamu mahasiswa, ibu rumah tangga, atau bahkan telah bekerja. Catatlah setiap kebutuhan bulanan yang membutuhkan dana pengeluaran seperti biaya kost, makan, transportasi, hingga biaya buku dan juga print tugas-tugas kuliahmu. Atur semua kebutuhan pengeluaran rutin ini dalam sebuah daftar sesuai dengan urutan prioritasnya.

Alokasikan dana untuk setiap kebutuhan sesuai dengan pemasukan yang kamu miliki. Setelah daftar lengkap, pertimbangkan juga untuk menghapus biaya-biaya atau kebutuhan yang sebenarnya tidak begitu diperlukan sehingga dana tersebut mungkin bisa dialokasikan untuk kebutuhan lain atau dipotong.

Hemat Keuangan dengan Kurangi Makan dan Nongkrong di Luar

Masih membahas tentang menghapus biaya-biaya dari kebutuhan yang tidak prioritas, kamu juga bisa melakukan penghematan dengan mengurangi makan-makan dan juga nongkrong di luar, khususnya di tempat-tempat yang mahal.

Untuk makan sehari-hari, bila memungkinkan kamu bisa mencoba memasak sendiri atau makan di warung makan yang lebih terjangkau. Makan di restoran atau nongkrong di Kafe kekinian bisa saja dilakukan sesekali untuk tujuan-tujuan khusus, namun jangan jadikan hal ini sebagai kebutuhan rutin.

Utamakan Transportasi Umum dan Fasilitas Umum untuk Hemat Pengeluaran

Cara menghemat keuangan Mahasiswa selanjutnya adalah dengan memanfaatkan sarana-sarana publik atau fasilitas umum. Misalkan untuk transportasi, kamu bisa menggunakan sarana transportasi publik yang jelas memiliki harga yang jauh lebih murah. Bila perlu membuat tugas, kamu juga bisa memanfaatkan fasilitas seperti perpustakaan kampus atau tempat publik yang menyediakan WiFi agar kamu bisa menghemat penggunaan paket data dan juga biaya internet bulanan.

Baca juga: 7 Cara Menjalankan Usaha Sampingan yang Sukses

Disiplin Menabung

Saat mengatur anggaran pengeluaran setiap bulannya, selalu alokasikan dana untuk ditabung. Berapapun besarannya, harus ada dana yang kamu tabung untuk dijadikan dana darurat pada saat-saat penting dan tak terduga. Tabungan ini juga menjadi indikator dari kesehatan keuangan dari seorang mahasiswa. Semakin besar jumlah tabungan setiap bulannya, maka semakin sehat alur keuanganmu.

Hindari Menghutang

Terkadang kebutuhan tak terduga datang sehingga kamu memerlukan dana tambahan diluar dari dana yang telah kamu rencanakan di awal bulan. Untuk itulah dana darurat dari tabungan diperlukan. Namun, jika kamu tidak memiliki dana darurat, jadikanlah hutang sebagai pilihan terakhir untuk dijadikan solusi. 

Untuk menutupi dana tak terduga, selain melalui tabungan, cobalah alokasikan dana lainnya di dalam anggaran yang mungkin memiliki prioritas lebih rendah. Kebiasaan menghutang justru akan mengacaukan alur keuanganmu untuk kedepannya sehingga jadikanlah “hutang” sebagai solusi paling akhir untuk memecahkan permasalahan keuanganmu.

Kost? Cari Rekan untuk Berbagi Kamar Kost

Jika kamu merupakan mahasiswa rantau, salah satu tips hemat untuk mahasiswa yang bisa kamu terapkan adalah dengan mencari teman untuk berbagi kamar kost. Dengan begitu kamu bisa menghemat biaya kost bulanan. Tak hanya biaya kost, untuk berbagai kebutuhan lainnya yang bisa kamu bagi dua dengan temanmu sesama mahasiswa juga bisa kamu coba bagi untuk menghemat pengeluaran. Seperti membeli buku pelajaran secara patungan dan lainnya.

Tambahan Pemasukan dengan Kerja Paruh Waktu

Tips hemat pengeluaran ala mahasiswa lainnya adalah dengan mempertimbangkan untuk menambah sumber pemasukan. Meskipun telah merencanakan anggaran dan memotong biaya-biaya yang tak diperlukan, terkadang permasalahan utama dari alur keuangan adalah pemasukan yang memang tidak memadai dengan kebutuhan wajib yang dimiliki seorang mahasiswa.

Baca juga: Ini Dia Ide Bisnis Online Mudah yang Bisa Kamu Coba!

Jika itu menjadi masalahmu, pertimbangkanlah untuk mencari tambahan pemasukan dengan pekerjaan paruh waktu. Dengan perkembangan teknologi masa kini, menambah pemasukan bisa dilakukan dengan sangat mudah. Kamu bisa mencoba membuka online shop dengan sistem dropshipper atau reseller atau menawarkan jasa atas kemampuan yang kamu miliki secara online  seperti freelance designer, freelance writer, freelance translator, dan sebagainya.

Meskipun tidak mudah, tetaplah disiplin dalam menjalankan rencana keuangan untuk menjadi mahasiswa yang lebih hemat dan memiliki keuangan yang lebih sehat. Jika kamu memiliki permasalahan dalam hal keuangan yang sudah tak dapat lagi diselesaikan tanpa pinjaman dana, maka Finsy bisa jadi solusi yang tepat untukmu.

Dengan menggunakan aplikasi Finsy, kamu bisa mengajukan pinjaman dana secara online dari berbagai lembaga keuangan terpercaya. Cara yang mudah serta proses yang cepat membuat Finsy cocok jadi solusi atas masalah keuanganmu!