Finsy.co.id – Untuk bisa memberikan pendidikan terbaik, tak heran dana pendidikan anak bisa sangatlah besar. Hal ini membuat persiapan dana pendidikan untuk anak harus dilakukan sedini mungkin. Terlepas dari berapa usia anak Anda sekarang, tak ada kata terlalu dini atau terlambat untuk mempersiapkan dana pendidikan anak.

Yang terpenting adalah, persiapkan dana pendidikan anak sekarang juga. Bingung bagaimana memulai persiapan dana pendidikan anak? Cek tips mempersiapkan dana pendidikan anak sejak dini berikut!

Baca juga: Cara membahas kesehatan finansial bersama pasangan

Mulai Perencanaan dengan Kalkulasi Prediksi Kebutuhan

Tips mempersiapkan dana pendidikan anak dimulai dengan melakukan prediksi besaran jumlah dana yang diperlukan untuk pendidikan anak hingga selesai. Dengan mengetahui berapa dana yang kamu perlukan, kamu bisa menentukan berapa besaran dana pendidikan yang perlu kamu sisihkan setiap bulannya untuk memastikan dana pendidikan untuk anak hingga tingkat pendidikan tinggi bisa terpenuhi.

Buat Tenggat Waktu, Timeline & Deadline

Untuk membuat perencanaan dana pendidikan untuk anak lebih tepat sasaran, siapkan tenggat waktu dari kebutuhan dana serta deadline untuk dana-dana pendidikan tertentu. Misalkan dana untuk masuk SMP, SMA, ataupun perguruan tinggi jelas akan jauh lebih tinggi dibandingkan dana pendidikan bulanan. Untuk itu, pastikan kamu memiliki tenggat waktu untuk memastikan jumlah dana pendidikan di tabungan bisa cukup pada saat pendaftaran SMA atau kuliah sudah dimulai.

Pisahkan Dana Pendidikan Anak dengan Dana Lainnya

Meskipun dana pendidikan bersifat tabungan, namun dana pendidikan anak harus dipisahkan dari dana tabungan-tabungan lainnya yang kamu miliki. Agar tak tercampur dengan dana lainnya, ada baiknya untuk memisahkan rekening tabungan dana pendidikan anak dengan rekening lainnya. Dengan begitu, kamu tak perlu takut dana pendidikan anak tanpa sengaja terpakai untuk kebutuhan lainnya.

Baca juga: Simak tips memulai bisnis investasi!

Evaluasi Perencanaan Dana Pendidikan secara Rutin

Tips mempersiapkan perencanaan dana pendidikan anak selanjutnya adalah rutin melakukan evaluasi. Meskipun kamu telah memprediksi kebutuhan dana pendidikan, prediksi tersebut bisa saja berubah setiap tahunnya karena berbagai faktor, seperti inflasi keuangan, perubahan rencana pendidikan anak, atau minat dan bakat anak yang mungkin saja tidak sesuai dengan rencana pendidikan yang awalnya orang tua buat. Untuk itu, rutinlah mengevaluasi apakah rencana persiapan dana pendidikan anak dan bila perlu lakukan penyesuaian rencana bila diperlukan sehingga kamu bisa menghindari masalah dana pendidikan anak di kemudian hari.

Investasi Dana Pendidikan

Setelah memiliki timeline akan kapan dana pendidikan diperlukan dan berapa jumlah besarannya, kini kamu bisa lebih mudah untuk melakukan investasi menggunakan dana pendidikan yang kamu telah persiapkan untuk anak. Tak ada salahnya memanfaatkan dana pendidikan anak untuk investasi, karena investasi yang tepat justru bisa meningkatkan jumlah dari dana pendidikan anak itu sendiri.

Namun, kesalahan utama dari investasi menggunakan dana pendidikan anak adalah kurangnya perencanaan dana itu sendiri sehingga ketika dana dibutuhkan, investasi belum bisa membuahkan hasil dan dana justru mengendap dan tak bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Baca juga: 4 Pilihan Investasi untuk Pemula dalam Dunia Bisnis

Itulah beberapa tips mempersiapkan dana pendidikan untuk anak sejak dini. Ingatlah, dana pendidikan bisa memakan banyak biaya sehingga jangan pernah ragu untuk memulai persiapan dana pendidikan untuk anak secepat mungkin. Punya masalah dalam perencanaan keuangan sehari-harimu? Tak perlu khawatir karena kini telah hadir aplikasi Finsy. Melalui Finsy, kamu bisa dengan mudah mengajukan pinjaman dana secara online dengan proses yang cepat.

Penyebab dasar dari masalah keuangan adalah kurangnya perencanaan dan persiapan. Jadi, mulailah persiapan dana pendidikan anak mulai dari sekarang, dan download aplikasi Finsy untuk solusi keuangan praktis!