Finsy.co.id – Apakah kamu anak kos yang kerap mengalami kesulitan keuangan di tanggal-tanggal tua di setiap bulannya? Jika ya, tentu kamu perlu mempertimbangkan untuk mengevaluasi ulang bagaimana cara mengatur keuanganmu sebagai anak kos. Berikut berbagai tips dan cara mengatur keuangan anak kos yang bisa kamu coba untuk buat kondisi keuangan tetap sehat sepanjang bulan tanpa perlu khawatir saat tanggal-tanggal tua tiba!

Selalu Siapkan Rencana Anggaran Bulanan

Salah satu kesalahan utama dalam mengatur keuangan bagi anak kos adalah tidak pernah melakukan rencana anggaran setiap bulannya. Buatlah daftar mengenai apa saja kebutuhan setiap bulannya yang memerlukan biaya dan urutkanlah secara prioritas mulai dari kebutuhan paling pokok sehingga kebutuhan-kebutuhan tambahan. Mulai dari biaya kos bulanan, biaya makan, biaya internet, biaya nonton, dan berbagai biaya yang rutin kamu keluarkan setiap bulannya jangan sampai terlewatkan.

Baca juga: 5 karakteristik milenial dalam bekerja

Anggarkan dana yang kamu miliki atau dana yang masuk setiap bulan untuk setiap kebutuhan atau biaya tersebut. Saat mengalokasikan anggaran, dana yang kamu miliki mungkin saja tidak cukup. Jika hal itu terjadi, maka kamu perlu menghapus beberapa kebutuhan yang tidak begitu pokok dan dibutuhkan. Atau, kamu mungkin perlu mengurangi anggaran dana untuk beberapa kebutuhan seperti kos yang lebih murah, atau mengurangi intensitas nonton atau belanja.

Alokasikan Tabungan sebagai Dana Darurat

Tips mengatur keuangan untuk anak kos selanjutnya adalah selalu siap sedia dengan dana darurat. Pada saat mengalokasikan anggaran dana bulanan, pastikan kamu menyisihkan sebagian untuk tabungan.

Selain digunakan untuk membeli kebutuhan di masa depan yang kamu inginkan seperti gadget baru, dana tabungan ini juga berperan sebagai dana darurat ketika terjadi hal-hal terduga. Namun, gunakanlah dana darurat ini pada saat yang benar-benar dibutuhkan.

Hindari Cicilan dan Menghutang

Terkadang untuk membeli atau memenuhi kebutuhan tertentu, mencicil atau menghutang menjadi solusi keuangan yang praktis. Hal ini tidaklah salah. Namun, manfaatkanlah cicilan ataupun pinjaman dana untuk hal yang benar-benar penting. Jika kebutuhan tersebut bisa menunggu dan kamu bisa menabung untuk membelinya, tak ada salahnya untuk hindari cicilan dan juga hutang. Cicilan dan hutang akan memperbesar beban anggaran bulanan sehingga kamu justru akan semakin sulit untuk memenuhi kebutuhan bulanan dan menabung dana darurat.

Cari Penghasilan Tambahan atau Berinvestasi

Cara mengatur keuangan untuk anak kos lainnya adalah dengan menambah dana masuk yang kamu miliki. Seiring berjalannya waktu, kebutuhanmu bisa saja bertambah atau biaya bisa naik. Untuk itu, cobalah untuk mencari alternatif cara untuk menambah dana masuk seperti pekerjaan sampingan ataupun usaha kecil. 

Baca juga: Langkah mudah menghemat uang!

Jika tabungan sudah cukup memadai, tak ada salahnya juga untuk mulai berinvestasi untuk menambah sumber pemasukan. Kamu bisa memulai dengan investasi yang praktis seperti tabungan emas atau reksa dana untuk kamu yang cukup jeli dalam melakukan perhitungan pasar saham.

Terapkan Gaya Hidup Hemat

Terakhir, untuk memastikan keuanganmu sebagai anak kos tetap sehat, mulailah untuk menerapkan gaya hidup yang lebih hemat. Menjalani hidup sehat bukan berarti kamu harus menghapus kebutuhan-kebutuhanmu. Hemat juga bisa dilakukan dengan meng memasak sendiri atau makan di warung makan. Kamu juga bisa menghemat dengan membawa minum dalam botol hingga menghemat paket data dengan menggunakan WiFi.

Dengan mengatur keuangan ala anak kos dengan disiplin seperti tips-tips di atas, masalah keuangan saat tanggal-tanggal tua bisa kamu hindari dan minimalisir. Masih miliki masalah keuangan? Download aplikasi Finsy di smartphone-mu untuk ajukan pinjaman dana secara online dengan proses yang mudah dan cepat dari lembaga keuangan terpercaya!