Finsy.co.id – Liburan memang waktunya untuk kamu mengalami mengeksplorasi negara orang lain, dari makanannya, budayanya, dan gaya hidup orang asing. Jalan-jalan ke luar kota atau luar negeri merupakan salah satu cara yang paling seru untuk membuka wawasan mu sendiri.

Terlalu banyak orang menunda liburan mereka karena mereka tidak ada uang. Padahal, ada kok caranya supaya liburan tetap hemat. Berikut beberapa cara & tips agar kamu bisa liburan hemat!

Baca juga: Simak Tips & Cara Mengatur Keuangan Pribadi untuk Milenial Ini!

Tentukan Budget Travelingmu

Ini langkah paling pertama dan paling penting. Supaya pas liburan nanti kamu tidak pusing dengan biaya traveling dan jalan-jalan yang membengkak, sebaiknya sebelumnya kamu tentukan anggaran pengeluaran jalan-jalanmu. Sediakan juga buffer – lebih baik estimasi over daripada under – supaya nanti bila ada pengeluaran yang tidak disangka, kamu juga tidak pusing.

Cermat dalam Mencari Tiket dan Akomodasi

Gunakan layanan-layanan pencarian tiket online (aggregator tiket) seperti Google Flights. Dengan Google Flights atau aggregator lainnya, kamu bisa mencari tahu tiket pesawat termurah untuk rute perjalanan yang kamu inginkan. Layanan seperti ini juga memiliki fitur price alert, dimana kamu akan diberitahu lewat email bila tiket rute perjalanan yang kamu inginkan tiba-tiba harganya turun.

Cek juga secara berkala tentang promo-promo dari OTA (Online Travel Agency) pilihanmu, atau bila kamu memiliki waktu, hadiri travel fair yang sering diadakan oleh maskapai-maskapai pesawat pilihan. Dengan adanya Internet, sekarang kamu pun bisa browsing dan lakukan riset akomodasi secara teliti terlebih dahulu. Cermati berbagai pilihan akomodasi dengan value yang paling oke (harga sebanding dengan fasilitas, lokasi). Dengan menghemat di akomodasi dan biaya tiket, kamu bisa mengalokasikan budget traveling mu ke aktivitas-aktivitas lain yang ditawarkan di tempat kunjunganmu.

Pilih Destinasi dengan Tepat

Salah satu cara liburan hemat adalah dengan memilih destinasi liburan yang murah. Contoh simpelnya saja, negara maju dengan standard of living yang lebih tinggi pastinya menjadi destinasi liburan yang jauh lebih mahal. Perbedaan harga makan dan akomodasi di Asia Tenggara (terkecuali Singapura) pasti jauh lebih murah dibandingkan liburan di negara-negara seperti Inggris, Selandia Baru, Australia. 

Lalu ingat, jalan-jalan dalam negeri pun terkadang bisa lebih mahal dibandingkan pergi ke luar negeri, karena beberapa daerah sulit untuk dijangkau karena infrastruktur yang kurang memadai. Walau begitu, tentu harus kami ingatkan juga bahwa jalan-jalan ke berbagai daerah Nusantara juga dapat memajukan bangsa.

Pilih Waktu yang Tepat

Sebisa mungkin, hindari bulan-bulan musim liburan sekolah dan hari-hari besar lainnya. Karena di waktu-waktu ini lah, tiket dan akomodasi harganya membludak. Sebisa mungkin, carilah waktu off-season (kapanpun selain liburan Ramadhan, Juni-Juli liburan sekolah, dan liburan akhir tahun di Desember – Januari).

Baca juga: Awas, Ini Dia Caranya Menghindari Tipuan Fintech Ilegal!

Travel Pass Menjadi Pilihan

Tiket seperti JR Pass di Jepang atau paket harian bus di Paris memang terlihat mahal, namun dengan paket-paket tersebut kamu bisa lebih banyak jalan-jalan dengan cara yang lebih hemat dibandingkan membeli tiket satu-satu. Kami anjurkan untuk selalu memikirkan budget traveling sebelum kamu pergi jalan-jalan.

Jangan sampai nanti ketika sudah di tempat liburan, kamu jadi tidak bisa menikmati aktivitas jalan-jalan karena takut kemahalan. Dengan menerapkan tips liburan hemat diatas, kamu bisa menghindari kepusingan karena takut jalan-jalan mahal.

Gimana? Siap menghabiskan waktu untuk berpetualang seru?