Finsy.co.id – Pinjaman dana bisa jadi salah satu solusi keuangan untuk atas permasalahan. Namun, tak jarang justru pinjaman dana mendatangkan masalah baru yang justru memperburuk kondisi keuangan. Namun, tentunya hal-hal tersebut bisa diminimalisir dan dihindari. Punya rencana untuk ajukan pinjaman dana? Ketahui berbagai kesalahan-kesalahan umum orang saat mengajukan pinjaman dana berikut untuk pastikan pinjaman dana yang kamu ajukan tidak akan hadirkan permasalahan keuangan baru kedepannya.

Meminjam Uang tanpa Ada Rencana Jangka Panjang

Salah satu kesalahan umum dalam meminjam uang yang kerap membuat seseorang menjadi terlilit hutang adalah meminjam uang tanpa ada perencanaan jangka panjang mengenai bagaimana pinjaman tersebut akan dibayar dan berapa besaran beban bunga yang harus dilunasi.

Baca juga: 5 Cara Mudah Melunasi hutangmu

Saat mengajukan pinjaman, pastikan kamu telah menyesuaikan besaran pinjaman dengan pemasukan bulanan yang bisa kamu sisihkan untuk proses pelunasan serta berapa lama tenggat waktu untuk pelunasan tersebut sehingga kamu bisa melunasi pinjaman dana sesuai dengan rencana tanpa perlu takut hutang menumpuk.

Pinjaman Dana untuk Kebutuhan yang Tidak Diperlukan

Kebutuhan apakah yang ingin kamu penuhi dengan mengajukan pinjaman dana? Apakah kebutuhan tersebut penting dan tak bisa ditunda atau sebaliknya kebutuhan tersebut sebenarnya belum terlalu dibutuhkan dan bisa dipenuhi nanti? Kesalahan dalam mengajukan pinjaman uang selanjutnya adalah meminjam uang untuk memenuhi sifat konsumtif yang sebenarnya tidak dibutuhkan seperti barang mewah, gadget baru, dan lain-lain.

Tak hanya pinjaman dana tak menghasilkan apa-apa, kebiasaan ini bisa membuatmu terlilit pinjaman uang di kemudian hari. Jadi, sebelum meminjam uang, pastikan lagi bila penggunaan dana pinjaman tersebut akan digunakan untuk kebutuhan penting yang memang tak bisa lagi ditunda seperti meningkatkan modal usaha, memperbaiki motor atau mobil yang sudah rusak dan sejenisnya.

Meminjam Dana Tanpa Riset Mendalam terhadap Lembaga Keuangan

Terkadang, kebutuhan yang mendesak membuat kita terburu-buru mengajukan pinjaman dana. Padahal, sangat penting untuk melakukan riset yang memadai terhadap lembaga keuangan tempat pinjaman diajukan serta berbagai regulasi-regulasi yang harus kamu ikuti. Perhatikan hal-hal detail seperti tenggat waktu pembayaran, besaran bunga, hingga denda keterlambatan pembayaran pinjaman akan seperti apa. Pastikan juga lembaga keuangan tempatmu mengajukan pinjaman dana merupakan lembaga yang telah terpercaya integritasnya.

Mengajukan Pinjaman Dana dengan Data Palsu

Baca juga: 5 Kesalahan Finansial yang Tidak Dilakukan Orang tua.

Kesalahan umum dalam mengajukan pinjaman dana selanjutnya adalah tidak jujur dalam melengkapi data-data yang diperlukan. Umumnya, informasi yang kerap dipalsukan adalah jumlah pemasukan guna memperbesar jumlah pinjaman yang bisa diajukan. Hal seperti ini tentu harus dihindari.  Penyesuaian jumlah pinjaman dengan jumlah pemasukan yang dimiliki tentunya bertujuan untuk memastikan pinjaman mampu dilunasi tepat waktu dan juga tidak menjadi beban bagi peminjam. Jadi, saat kamu melakukan pemalsuan data, justru kelak kamulah yang akan mendapatkan permasalahan atas pinjaman yang telah kamu ajukan.

Ketidaklengkapan Dokumen

Kesalahan dalam mengajukan pinjaman uang terakhir adalah ketidaklengkapan dokumen atau dokumen yang sudah tak lagi berlaku. Sebelum mengajukan pinjaman uang pada lembaga keuangan tertentu, pastikan kamu telah mengetahui segala persyaratan apa saja yang perlu kamu persiapkan. 

Cek kembali apakah semua dokumen dan persyaratan yang kamu miliki telah lengkap dan masih berlaku untuk mempercepat proses pengajuan pinjaman uang, Sudahkan kamu membuat perencanaan yang matang sebelum mengajukan pinjaman dana? Dengan menghindari kesalahan-kesalahan dalam mengajukan pinjaman dana di atas, kamu bisa meminimalisir risiko-risiko permasalahan keuangan di kemudian hari. 

Agar pengajuan pinjaman dana jadi lebih mudah dan praktis, download aplikasi Finsy sekarang juga. Dengan metode pinjaman dana secara online yang mudah dan proses yang cepat, tentu mendapatkan pinjaman dana untuk solusi keuanganmu kini jadi jauh lebih praktis!