Finsy.co.id – Apakah kamu termasuk generasi milenial yang telah terjun atau masuk ke dalam dunia kerja? Generasi milenial termasuk generasi yang sangat dinamis sehingga dalam dunia kerja ada banyak sekali karakteristik milenial yang bisa ditemukan. Intip tipe-tipe milenial di dunia kerja berdasarkan karakteristiknya!

Si Petualang

Berbeda dengan generasi sebelumnya, generasi milenial mendapatkan kesempatan untuk traveling yang lebih terbuka. Selain informasi seputar traveling yang tak ada batasnya, harga tiket dan transportasi juga lebih terjangkau. Tak heran jika traveling menjadi salah satu hobi yang digemari para milenial.

Bertemu dengan tipe milenial “Si Petualang” di lingkungan kerja, kamu takkan pernah melihatnya menyia-nyiakan kesempatan hari libur dan cuti untuk bertualang ke tempat-tempat baru. Akan selalu ada cerita petualangan baru bekerja bersama “Si Petualang”.

Si “Anti-Kudet”

Generasi milenial kini juga dipermudah dengan kualitas jaringan internet yang lebih baik dan lebih luas. Ditambah dengan perkembangan media sosial, persebaran informasi menjadi jauh lebih cepat.

Baca juga: 5 Tips Terbaik untuk Menjadi Manusia Karir yang Sukses dan Tangguh

Tak heran jika kamu bisa bertemu dengan “Si anti-kudet” alias anti kurang update yang selalu tahu mengenai informasi-informasi terkini hingga hal-hal trivial yang tak disangka. Karakteristik lainnya dari tipe milenial adalah kebiasaan untuk selalu mengecek gadget untuk melihat update  yang ada di media sosial.

Si Sosialita di Era Digital

Jika tipe milenial sebelumnya tak pernah absen untuk cek media sosial, tipe milenial satu ini justru tak pernah absen muncul di media sosial. Bagi “Si Sosialita” mengunggah foto, status, atau bahkan video di media sosial sudah bagian dari keseharian.

Mulai dari momen hangout , hingga momen kecil seperti sedang bekerja bisa menjadi konten untuk media sosial tipe milenial satu ini. Jadi, jangan heran jika smartphone menjadi gadget yang tak bisa lepas dari tipe milenial ini di tempat kerja.

Si “Lone-Wolf”

Berbeda jauh dengan tipe milenial sebelumnya yang gemar tampil, tipe milenial di lingkungan kerja selanjutnya ini justru lebih suka menyendiri. “Si Lone Wolf” bisa saja terlihat murung dan menyendiri di meja kerjanya, namun begitulah caranya ia menikmati keseharian.

Bagi “Lone Wolf” yang bekerja di perusahaan teknologi dengan kebijakan “remote working”, maka dipastikan kamu akan sangat jarang bisa bertemu langsung dengannya di lingkungan kerja. Bahkan, tak sedikit orang dengan tipe milenial seperti ini yang berujung menjadi pekerja lepas atau freelancer, lho.

Si Tradisional

Tipe milenial dalam bekerja selanjutnya adalah “Si Tradisional”, sesuai dengan julukannya, tipe milenial satu ini tidak sedinamis milenial pada umumnya. Kesehariannya hanya mengikuti rutinitas umum dan umumnya memiliki hidup dan jadwal yang teratur.

Baca juga: Bosan Jadi Pengangguran? 4 Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Untuk Pemula Ini Wajib Dicoba

Si Bintang Kelas

Salah satu karakteristik milenial dalam bekerja yang umum adalah berani serta memiliki ambisi yang tinggi. Jadi, bukan tak mungkin kamu bisa bertemu dengan tipe milenial satu ini di dunia kerja.

“Si Bintang Kelas” selalu memiliki goal atau mimpi yang besar serta pekerja keras. Tak hanya bersinar di lingkungan kerja, umumnya tipe milenial satu ini juga gemar hadir atau mengikuti seminar, workshop, atau acara sejenisnya guna menambah wawasan ataupun kemampuan yang ia miliki.

Si “YOLO”

Tipe milenial dalam dunia kerja terakhir adalah “Si YOLO” alias “You Only Live Once”. Istilah ini kerap diberikan kepada seseorang yang kerap membuat keputusan-keputusan besar dan beresiko dengan cepat dan tanpa pikir panjang.

Terkadang tipe milenial satu ini bisa sangat inspiratif karena keberaniannya dalam mengambil keputusan-keputusan beresiko tinggi. Namun, justru hal-hal ini terkadang bisa juga mendatangkan masalah untuknya dan kerap juga membuatnya dianggap gagabah dan juga ceroboh.

Setelah mengetahui berbagai karakteristik milenial di dalam dunia kerja, apakah kamu menemukan tipe milenial mana yang paling mirip dengan gaya kerja dan keseharian yang kamu miliki?