Finsy.co.id – Apakah kamu tengah menghadapi permasalahan utang yang melilit? Permasalahan utang memang bisa jadi hal rumit yang tak cuma menganggu alur keuangan, namun juga bisa menjadi sumber dari berbagai permasalahan lainnya. Sudah bingung bagaimana cara untuk melunasi utang? Simak tips dan cara melunasi utang yang bisa bantu kamu terlepas dari masalah hutang yang melilit berikut!

Mulai Penghematan dan Kurangi Pengeluaran

Cara melunasi utang pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mulai atur ulang rencana keuangan yang kamu miliki. Mulailah lakukan penghematan dengan hapus dan kurangi pengeluaran-pengeluaran yang kurang diperlukan agar kamu bisa mengalokasikan dana untuk melunasi utang dengan lebih baik.

Pada saat mengatur keuangan kala masalah utang telah melilit, mulailah meletakkan dana pelunasan utang sebagai prioritas pengeluaran setiap bulannya di atas dari kebutuhan lainnya. Jadi, mulailah melakukan penyesuaian dengan gaya hidup dan pengeluaran agak bisa lebih berhemat agar masalah utang bisa lebih cepat terselesaikan.

Kelola Ulang Pemasukan Bulanan dengan Lebih Baik

Tak cuma pengeluaran, untuk menyelesaikan masalah utang kamu perlu melakukan pengelolaan keuangan secara menyeluruh. Mulailah kelola  pemasukan bulanan dengan lebih baik dengan memprioritaskan alokasi dana untuk pelunasan utang. Tapi, jangan lupa tetap alokasikan dana untuk dana darurat jika memungkinkan. Cukup kurangi alokasi dana untuk tabungan dan juga belanja bulanan dan alokasikan dana lebih untuk pelunasan utang.

Baca juga: 7 Cara Mudah Hemat Uang untuk Mahasiswa

Hindari Penggunaan Kartu Kredit, Hindari Utang Tambahan

Pada saat utang telah menumpuk, fokuslah dalam menyelesaikan permasalahan utang. Hindari menambah utang tambahan. Utang tambahan ini termasuk dalam penggunaan kartu kredit. Tunda terlebih dahulu kebutuhan-kebutuhan yang memerlukan dana besar sehingga kamu tidak perlu menambah utang yang telah ada. 

Untuk kebutuhan-kebutuhan yang memerlukan dana besar tersebut bisa kamu penuhi saat utang telah berhasil kamu lunasi. Seperti yang disebutkan di awal, prioritaskanlah kebutuhan-kebutuhan utama dan mendasar untuk menghemat pengeluaranmu.

Cari Pemasukan Tambahan bila Diperlukan

Jika pemasukan bulanan tidak mencukupi untuk melunasi utang, tak ada salahnya untuk mempertimbangkan menambah pemasukan dengan pekerjaan paruh waktu tambahan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk tambah pemasukan tambahan tanpa mengganggu pekerjaan utama seperti menjalani bisnis online tanpa modal seperti menjadi reseller atau  dropshipperJika kamu memiliki kemampuan atau jasa yang bisa dijual, kamu juga bisa mencoba untuk menjajakan jasa sebagai freelancer untuk menambah pemasukan yang bisa bantu kamu melunasi utang dengan lebih cepat.

Baca juga: Ini Dia Ide Bisnis Online Mudah yang Bisa Kamu Coba!

Gunakan Dana Darurat Bila Memungkinkan

Pada saat-saat darurat seperti utang yang telah menumpuk, tak ada salahnya gunakan sebagian atau semua dana darurat untuk melunasi utang sebelum utang menjadi semakin menumpuk dan menjadi masalah yang lebih besar. Dana darurat ini tentu perlu kamu isi kembali ketika utang telah lunas, namun jika memang dana darurat bisa membantumu melunasi utang, jadikan utang sebagai prioritas untuk dilunasi sebelum utang semakin membesar dan dana daruratmu bahkan tak bisa melunasinya lagi. 

Menyelesaikan permasalahan utang yang melilit memang membutuhkan komitmen dan disiplin keuangan yang tinggi. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa melunasi utang dan bebas dari jeratan masalah keuangan yang tidak sehat. Soal solusi keuangan, aplikasi Finsy bisa jadi solusi praktis untuk masalah keuanganmu. Melalui Finsy, kamu bisa mengajukan pinjaman online dari lembaga keuangan resmi dan terpercaya dengan proses yang mudah dan cepat. Coba Finsy sekarang juga!